23 Apr 2018

Dampak positif dan negatif kebebasan pers

Dampak positif dan negatif kebebasan pers

Kebebasan pers (bahasa Inggris: freedom of the press) adalah hak yang diberikan oleh konstitusional atau perlindungan hukum yang berkaitan dengan media dan bahan-bahan yang dipublikasikan seperti menyebar luaskan, pencetakan dan menerbitkan surat kabar, majalah, buku atau dalam material lainnya tanpa adanya Dampak positif dan negatif kebebasan pers campur tangan atau perlakuan sensor dari pemerintah.

Secara konseptual kebebasan pers akan memunculkan pemerintahan yang cerdas, bijaksana, dan bersih. Melalui kebebasan pers masyarakat akan dapat mengetahui berbagai peristiwa, termasuk kinerja pemerintah, sehingga muncul mekanisme check and balance, kontrol terhadap kekuasaan, maupun masyarakat sendiri. Karena itu, media dapat dijuluki sebagai pilar keempat demokrasi, melengkapi eksekutif, legeslatif, dan yudikatif. Kebebasan pers pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas demokrasi. Dengan kebebasan pers, media massa dimungkinkan untuk menyampaikan beragam informasi, sehingga memperkuat dan mendukung warga negara untuk berperan di dalam demokrasi atau disebut civic empowerment.

Nama pers seringkali dikaitkan dengan media massa dan wartawan. Itu nggak salah kok, tapi pers ini punya pengertiannya sendiri. Pers adalah sebuah media yang ditujukan kepada orang umum. Sebagai sebuah media, tentunya pers ini punya kebebasan sendiri untuk mengungkapkan beritanya. Namun, pers di Indonesia ternyata nggak selalu berjalan mulus loh. Ada juga beberapa pelanggaran yang dilakukan karena adanya penyalahgunaan kebebasan pers. Nah, yuk sekarang kita bahas tentang beberapa contohnya.

Dampak positif
Kebebasan pers membuat semua orang dapat menyampaikan pendapat tanpa ancaman dari berbagai pihak sehingga dapat memonitor kemajuan bangsa dan negara dengan cermat.
Kebebasan pers menjadi lapangan pekerjaan bagi para reporter yang meliput berita demonstrasi atau penyampaian aspirasi dan menawarkan pendapatan yang cukup tinggi.

Dampak negatif
Kebebasan pers mengakibatkan berkurangnya privasi warga dengan cara liputan berita langsung yang menyebarkan hal-hal yabg memang sengaja disembunyikan oleh pribadi.
Kebebasan pers mengumpulkan aspirasi terlalu banyak sehingga sulit bagi pemerintah untum menyaring bagian mana yang lebih didahulukan. Pada keadaan lain, hal ini menimbulkan konflik karena orang yang tidak diterima pendapatnya akan merasa diperlakukan tidak adil.

Bagikan ke :

crb_theme © 2012 - 2018