11 Mar 2015

Hewan Langka Di Indonesia

// Pendidikan

Hewan Langka Di Indonesia-HewanLangka Di Indonesia merupakan hewan yang hampir punah karena semakin sempitnya habitat hutan hujan di Indonesia. Berikut saya himpun beberapa hewan langka di Indonesia
1. Badak bercula satu (Jawa) & Badak bercula dua (Sumatra)
Badak-Bercula-Satu-ujung-kulon-Rhinoceras-Sundaicus
Badak Jawa atau badak berculasatu (Rhinoceras Sundaicus).Hewan ini juga merupakan asli dan endemik dari indonesia yang jumlahnya sangat sedikit dan merupakan hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Badak jawa merupakan hewan yang hampir punah karena jumlahnya yang sedikit hal ini di sebabkan karena perkembangbiakan badak jawa yang lambat dan habitat asli yang mulai rusak. Sekarang badak ini berada di hutan lindung ujung kulon.

Badak-bercula-Dua-sumatera-wikipedia-Dicerorhinus-Sumatrensis
Badak bercula Dua atau badak sumatra, (Dicerorhinus Sumatrensis)

Secara bentuk tubuh binatang ini mirip dengan badak jawa hanya yang membedakan ia memiliki dua buah cula. Badak bercula dua merupakan hewan yang berasal dari pulau sumatra. Sayangnya karena habitat asli dari badak ini yang sudah mulai rusak akan penebangan liar badak ini menjadi sulit untuk kita temui.

2. Kangguru Pohon
Kanguru Pohon
Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri) atau Wondiwoi Tree-kangaroo merupakan Salah satu jenis kanguru pohon asal Papua yan gpopulasinya diperkirakan sekitar 50 ekor saja di hutan.

3. Jalak Bali
index

Burung Jalak Bali (Leucopsarrothschildi)

Mempunyai bulu putih yang indah  dan juga suara kicauannya yang merdu membuat burung jalak bali menjadi incaran para pemburu di alam liar yang membuat jumlahnya semakin sedikit. Seperti namanya burung ini bearasal dari pulau dewata atau pulau Bali.

4. MacantutulJawa / MacanKumbang

gambar-macan-tutul
Macan Tutul Jawa (Pantherapardusmelas) atau Javan Leopard; Disebut juga Macan Kumbang dengan jumlah populasinya diperkirakan di bawah 250 ekor.

5. Kura-kuraHutan
hewan-langka-dan-asalnya
Kura-kura Hutan Sulawesi (Leucocephalonyuwonoi) atau Sulawesi Forest Turtle; Kura-kura endemik sulawesi yang pernah terdaftar sebagai The World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles—2011dengan populasi kurang dari 250 ekor
6. Gajah Sumatra
gajah-sumatera
Gajah Sumatera (Elephasmaximussumatranus) merupakan satu dari tiga subspesies Gajah Asia. Subspesies Gajah Asia (Elephasmaximus) selain Gajah Sumatera adalah Gajah Asia (Elephasmaximusmaximus) yang terdapat di Srilangkadan Gajah India (Elephasmaximusindicus) yang terdapat di Asia Tenggara dan India. Gajah Sumatra (Elephasmaximussumatranus) yang mempunyai nafsu makan besar (hingga 150 kg seharinya) bisa dijumpai di pulau Sumatera Indonesia tepatnya di Waikambas. Binatang ini juga ditetapkan sebagai Fauna Identitas Provinsi Lampung.

7. Anoa

anoa-depressicornis
Anoa (Bubalus Depressicornis)

Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Adalah termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah sulawesi.

Semoga dengan tulisan ini, kita sebagai warga neraga Indonesia menjadi sadar akan pentingnya menjaga habitat binatang langka tersebut. Stop penangkapan liar, stop memelihara binantang yang dilindungi dan terima kasih telah membaca artikel binatang langka indonesia ini. See you